Pyro Media Boyd

Tugas Kelompok 1

PERTANYAAN:

  1. Apakah keputusan untuk masuk ke pasar baru seperti yang dilakukan Pyro Media milik Boyd merupakan keputusan besar? Bagaimana cara Boyd menggunakan proses pengambilan keputusan guna membantu dia membuat keputusan?
  2. Apakah Saudara menyebut penurunan pendapatan sebagai masalah atau simtom atas masalah? Jelaskan pendapat Saudara.
  3. Dengan menggunakan jenis-jenis gaya pengambilan keputusan, identifikasi jenis gaya pengambilan keputusan yang Saudara pikir digunakan oleh Boyd. Jelaskan pilihan Saudara.
  4. Apakah Saudara setuju dengan keyakinan kuat Boyd bahwa mampu memahami masalah merupakan penentu keberhasilan, terutama bagi usaha kecil? Jelaskan pendapat Saudara.

Jawaban :

1). Ya , keputusan yang dilakukan Boyd merupakan keputusan besar karena harus mengeluarkan biaya yang besar untuk berinvestasi di bidang peralatan, fasilitas seluas 56.000 kaki persegi, dan karyawan yang paham keramik. Boyd menganalisis sumber masalah yang terjadi dipasar yang mempengaruhi pendapatan perusahaanya, setelah Boyd dan teamnya menemukan bahwa sumber masalahnya adalah importir pesaing yang telah mendistridusikan kemasan untuk bertanam dari bahan terra cotta, kemudian Boyd merumuskan strategi dan usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kembali pendapatannya dengan cara mengundang sejumlah konsultan guna melihat pasar lain mana yang harus dikejar oleh perusahannya.

Cara Boyd menggunakan proses pengambilan keputusan guna membantu dia membuat keputusan yaitu:

a. Langkah 1 : Mengidentifikasi Masalah

Pyro Media pendapatannya tidak terus meningkat sebesar 30 persen seperti sebelumnya tetapi justru menurun. Pada saat menginvestigasi situasi, dia menemukan bahwa perusahaan besar telah mulai mengimpor dan mendistridusikan kemasan untuk bertanam dari bahan terra cotta, yang pada hakikatya mencuri bisnisnya

b. Langkah 2 : Mengidentifikasi Kriteria

mengundang sejumlah konsultan guna melihat pasar lain mana yang harus dikejar oleh perusahannya

c. Langkah 3 : Memberi Bobot Kriteria

Studi mereka, yang berlangsung enam bulan, merekomendasikan bahwa Pyro Media harus berusaha memecahkan masalah penerapan teknologi tinggi di bidang keramik Dengan kata lain, menggunakan teknologi yang sama yang telah dikembangkan dan digunakan Boyd dalam pembuatan pot keramik dan menerapkannya ke bidang lain

d. Langkah 6 : Memilih Alternatif

Berdasarkan informasi itu, Boyd mempekerjakan insinyur keramik dan berusaha mendapatkan pasar “yang dapat dibentuk” di bidang keramik

e. Langkah 7 : Mengimplementasi Alternatif Terpilih

Memahami bahwa bisnisnya menurun dan menganalisis alasan yang mendasar hilangnya pendapatan merupakan sarana bagi keberlanjutan keberhasilan Pyro Media.

f. Langkah 8 : Mengevaluasi Efektivitas Keputusan

Boyd berkata bahwa mampu memahami masalah merupakan penentu keberhasilan, terutama bagi usaha kecil

 

2). Perusahaan Pyro Media telah menjalankan bisnisnya dengan baik karena memiliki fasilitas produksi keramik yang lengkap dan canggih, yang menjadi penyebab penurunan pendapatan dari perusahaan Pyro Media adalah simtom atau gejala dari masalah yang terjadi dari factor eksternal akibat dari perusahaan importir sebagai pesaing yang telah mencuri pasar perusahaan Boyd dengan mendistridusikan kemasan untuk bertanam dari bahan terra cotta.

 

3). Boyd mengambil keputusan dengan menggunakan Gaya analistik

 

Gaya pengambilan analistik karena Boyd perlu 6 bulan untuk mengambil keputusan dan mengundang para konsultan untuk membantu mengambil keputusan :

 

Gaya Analistik

 

-Hasil keputusan didasarkan atas inputan hasil analisis ( pesaing import terra cotta )

 

-Lebih banyak mempertimbangkan beragam informasi dan alternetif dibandingkan gaya direktif ( konsultan )

 

-Pengambilan keputusan diambil dalam jangka waktu agak lama ( 6 bulan)

 

-Menggambarkan pemimpin yang otokratik

 

Tambahannya mungkin gaya analisis apa yang digunakan boyd :

 

SWOT (Strengths, Weaknesses/Limitations, Opportunities, and Threats.)

 

*Strengths : Boyd mencari apa menjadi kekuatan dia dalam produksinya yaitu kemahiran design, fasilitas produk yang lengkap dan lengkap didukung oleh para karyawan yang ahli dalam bidang keramik.

 

*Weaknesses/Limitations : Boyd menyadari kelemahannya, bahwa ada importer pesaing yang telah mencuri pasarnya.

 

*Opportunities : Boyd mencari peluang dengan cara mengembangkan design dan fungsi produk sehingga menghasilkan jenis produk lain menggunakan teknolgi yang sudah dimiliki.

 

*Threats : Boyd membuat produk dan mengalihkan target ke pasar yang berbeda dari pesaingnya.

 

  1. Keyakinan Boyd bahwa mampu memahami masalah merupakan penentu keberhasilan memang sangat berperan sangat penting bagi setiap perusahaan, oleh sebab itu setiap perusahaan diharapkan untuk mampu dengan cepat menemukan alternative pilihan yang dapat dijalankan secara efisien tanpa harus membuang banyak waktu dan biaya terutama bagi usaha kecil karena perusahaan kecil memiliki tingkat keterbatasan modal / capital yang rendah, sehingga bila mereka tidak dapat mencari jalan keluar yang tepat dan cepat maka mereka akan mendapat masalah yang besar, saat dimana mereka sudah tidak dapat melakukan apapun setelah kehabisan modal akibat dari kerugian yang terus terjadi sehingga akhirnya mengalami kebangkrutan.

 

Regards Team 5 ,

Chandra, Devi, Evan, Dessy