You are here: Home > Uncategorized > Pengenalan Teknologi Informasi

Pengenalan Teknologi Informasi


Jenis komputer yang digunakan sehari- hari

Setiap hari jenis komputer yang sering saya gunakan biasanya adalah desktop computer dengan OS windows, alasannya karena desktop computer yang saya miliki memiliki kecepatan processor dan fitur yang lebih banyak daripada menggunakan notebook atau jenis computer lainnya. Selain itu desktop computer lebih mudah di upgrade atau diganti hardwarenya yang ada di dalam casing sesuai kebutuhan, misalnya ketika saya memerlukan kecepatan tambahan karena harus megedit video, maka saya hanya perlu memasang RAM  dan VGA card yang lebih besar kapasitasnya dengan mudah hanya dalam waktu 5 menit, hardware dapat di sharing dengan desktop computer lain dan masih banyak kemudahan lainnya. Apabila harus bekerja diluar kantor barulah pilihannya hanya menggunakan portable computer seperti Notebook, Netbook, UMPC, PDA dan sebagainya.

Aktivitas atau Pekerjaan yang menggunakan komputer

Kegemaran saya adalah menggunakan desktop computer OS windows, alasannya karena sangat banyak pilihan softwarenya yang kita butuhkan untuk kegiatan sehari-hari dan mudah ditemukan atau di download dari internet, mulai dari security antivirus, microsoft office untuk membuat laporan dan Photoshop untuk membuat design atau mengedit photo. Kegiatan paling sering adalah untuk melihat email dari para customer dan mitra bisnis, membaca berita online seperti di detik.com, menonton TV dan video streaming, mencari referensi informasi produk dan jasa tertentu sebelum membelinya, bahkan sering kali harga membeli online lebih murah dari pada di toko retail, selaian itu social media seperti facebook atau twitter. Kegiatan yang baru saya dijalani ada kuliah online di binus online learning.

Manfaat penggunaan komputer yang ada

         Keberadaan computer di rumah dan di tempat kerja sangat membantu untuk menghemat waktu dan biaya transportasi. Contoh yang paling dasar adalah untuk membuat laporan kerja tanpa menggunakan kertas dan dapat di simpan dan di edit denga ncepat, dengan adanya internet yang sering digunakan adalah pengiriman data document dan gambar tidak perlu lagi menguras waktu yang lama untuk hanya mendapatkan selembar laporan atau gambar tanpa harus datang ketempat pihak yang bersangkutan, karena hanya dengan membuka email dalam sekejap kita dapat berbagi informasi dengan cepat dengan orang lain yang berada diseluruh dunia. Yang paling signifikan ketika mitra atau kerabat keluarga kita tinggal jauh dari tempat tinggal kita, zaman dahulu sebelum ada computer dan internet akan memerlukan waktu yang lama dan biaya yang besar untuk melihat keadaan mereka, masa kini ketika computer dan internet bersatu maka kita hanya perlu membuka skype dalam waktu beberapa menit kita sudah dapat melihat lawan bicara kita dari manapun selama ada jaringan internet yang baik. Sekarang kita bahkan dapat mengendalikan rumah yang sudah terintegrasi dengan system computer yang ada di dalam rumah tersebut dari jarak jauh dengan istilah “ Smart House”, contohnya seperti membuka dan menutup pintu, mengendalikan aliran listrik kita tidak ada orang lain sama sekali dirumah tersebut hanya dengan menggunakan telepon yang terkoneksi dengan internet. Masih banyak lagi hal-hal positif yang dapat dilakukan untuk membantu kegitan manusia sehingga dapat mengerjakan hal lainnya dari manapun, pada intinya semua penemuan akan menjadi baik bagi kehidupan bila digunakan secara bijaksana dan bertanggung jawab, demikianlah pendapat saya tentang maaf keberadaan teknologi pada saat ini, terimakasih

Regards,                                                                                 Jakarta, 08 september 2012

Chandra Suhardiman

NIM: 1601285866

 

Ref:

http://architecture.about.com/od/buildyourhous1/g/smarthouse.htm

http://www.smarthousecontrol.com/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.