organisasi mekanistik dan organisasi organic

Tugas Personal 3

  1. Apakah Saudara lebih menyukai bekerja di dalam suatu organisasi yang mekanistik atau organisasi yang bertipe organic? Jelaskan alasan-alasan Saudara bedasar teori yang pernah Saudara pelajari tentang struktur dan desain organisasi
  2. Jenis-jenis keterampilan apakah yang mungkin akan dibutuhkan oleh para manajer untuk bekerja secara efektif dalam: a) Struktur proyek, b) Dalam organisasi tanpa batas, dan c) Dalam organisasi pembelajaran?
  3. Jelaskan unsur-unsur yang sangat berperan dalam proses komunikasi dan berikan contohnya untuk setiap unsur tersebut. Komunikasi yang tidak efektif adalah kesalahan pengirim. Apakah Saudara setuju dengan pernyatan tersebut? Jelaskan.
  4. Apakah teknologi informasi telah membantu para manajer untuk menjadi lebih efektif dan efisien? Jelaskan pendapat Saudara.

Jawaban :

  1. Saya lebih menyukai bekerja di dalam suatu organisasi yang bertipe organic. Alasannya karena organisasi organic memiliki sistem yang lebih flexibel untuk beradapatasi dengan keadaan lingkungan yang tidak menentu, sehingga dapat memotivasi semua pihak yang ada di dalam organisasi dapat saling membantu dan mengembangkan kemampuan dirinya dalam mengatasi setiap masalah yang timbul dikemudian hari secara bersama-sama, dengan demikian setiap masalah akan lebih cepat diselesaikan, serta akan lebih menikmati suasana bekerja yang tidak terlalu dibawah tekanan seperti sistem mekanistik yang kaku.

Tabel Perbedaan Model Mekanistik dan Organik

No Struktur Model Mekanistik Struktur Model Organik
1. Proses kepemimpinan tidak mencakup persepsi tentang keyakinan dan kepercayaan. Bawahan merasa tidak bebas mendiskusikan masalah dengan atasan Proses kepemimpinan mencakup persepsi tentang keyakinan dan kepercayaan antara atasan dan bawahan dalam segala persoalan. Bawahan merasa bebas mendiskusikan masalah dengan atasan.
2. Proses motivasi hanya menyadap motif fisik, rasa aman, dan ekonomik  melalui perasaan takut dan sanksi. Proses motivasi berusaha menimbulkan motivasi melalui metode partisipasi.
3. Proses komunikasi berlangsung sedemikian rupa sehingga informasi mengalir ke bawah cenderung terganggu, tidak akurat, dan dipandang dengan rasa curiga. Proses komunikasi berlangsung sedemikian rupa sehingga informasi mengalir secra bebas keseluruh organisasi yaitu ke atas, kebawah dan kesamping.
4. Proses interaksi bersifat tertutup dan terbatas Proses interaksi bersifat terbuka dan ekstensif.
5. Proses pengambilan keputusan hanya terjadi di tingkat puncak Proses pengambilan keputusan dilaksanakan di semua tingkatanmelalui proses kelompok.
6. Proses penyusunan tujuan dilakukan di tingkat puncak organisasi tanpa mendorong adanya partisipasi. Proses penyusunan tujuan mendorong timbulnya partisipasi kelompok untuk menetapkan sasaran yang tinggi
7. Proses kendali dipusatkan dan menekankan upaya memperhalus kesalahan atas kekeliruan  yang terjadi. Proses kendali menyebar ke seluruh  organisasi dan menekankan pemecahan masalah dan pengendalian diri sendiri.

 

2.  Jenis-jenis keterampilan yang dibutuhkan oleh para manajer agar dapat bekerja efektif dalam :

     A) Struktur organisasi proyek,

Dalam Struktur Organisasi proyek para manajer diharapkan lebih aktif untuk ikut dalam sejumlah kegiatan proyek bersama para karyawan agar dapat memonitor kegiatan para karyawan yang bekerja dalam proyek, sehingga para karyawan mampu melakukan seluruh tugasnya dengan benar dan mengembangkan diri mereka menjadi pekerja yang lebih mandiri dalam proyek-proyek berikutnya.

 

     B) Dalam organisasi tanpa batas, (Boundaryless Organization)

Dalam organisasi ini akan selalu membutuhkan manajer yang kreatif dan mampu untuk selalu mendukung kinerja organisasi, sadar sepenuhnya bahwa diantara dirinya dengan orang lain sangatlah tipis perbedaannya, terutama mengenai kompetensi diri. Individu tidak layak menganggap kompetensi dirinya telah memenuhi persyaratan organisasi tanpa melihat orang-orang di sekitarnya. Organisasi tanpa batas berusaha mengurangi rantai perintah, memiliki rentang kendali yang luas, dan

menggantikan departemen dengan tim yang tangguh.

Dengan menghilangkan batasan vertikal, manajemen mengurangi herarki. Status dan pangkat dikurangi. Dan organisasi kelihatan lebih seperti

selinder daripada piramida. Tim-tim herarki silang (termasuk eksekutif utama, manajer menengah, pengawas dan pekerja operasional), praktek pembuatan keputusan partisipatif, dan penggunaan penilaian kinerja.

 

    C) Dalam organisasi pembelajaran,

Para manajer diharapkan dapat :

*. Top-level yang manajer mendukung visi dari organisasi belajar.

*. Menciptakan iklim yang mendukung dan mengakui pentingnya belajar hal yang baru.

*. Manajer memiliki pandangan, bahwa belajar dari kegagalan maupun keberhasilan.

*. Manajer memberikan kesempatan kepada karyawan untuk terus belajar yang  dimasukkan ke dalam  operasi dan   program.

*. Organisasi ini efisien dengan tingkat manajemen yang sedikit untuk  memaksimalkan komunikasi dan pembelajaran di semua tingkat. Kelima indikator transformasi organisasi tersebut telah dijalankan dengan baik dan telah diciptakan kondisi mencapaian visi bersama.

 

3.  Unsur-unsur yang sangat berperan dalam proses komunikasi.

Terdapat tujuh unsur dalam proses komunikasi, yaitu:

    1. Sumber komunikasi,

Sumber pesan atau pengirim pesan adalah orang atau pihak yang memiliki informasi dari kehendak untuk menyampaikan kepada orang lain. Contohnya: menggunakan tanda-tanda atau symbol, diusahakan agar orang lain mengerti apa yang dimaksud. Tanda yang digunakan dapat berupa kata-kata, tindakan,gerakan, gambar atau angka atau kombinasi. Pengirim atau komunikator dalam organisasi bisa karyawan atau pimpinan.

 

    1. Pesan,

Pesan adalah informasi yang hendak disampaikan pengirim kepada penerima. Contohnya : hasil survey

 

    1. Penyandian / encoding,

Penyandian merupakan proses mengubah informasi kedalam isyarat-isyarat atau simbol-simbol tertentu untuk ditransmisikan. Proses penyandian ini dilakukan oleh pengirim. Contohnya : Gambar Grafik

 

    1. Saluran / channel,

Saluran atau sering disebut dengan media adalah alat dimana pesan berpindah dari pengirim ke penerima. Contohnya : computer, kertas.

 

    1. Penafsiran/ Decoding,

Penafsiran adalah proses menterjemahkan (menguraikan sandi-sandi) pesan dari pengirim, contohnya : menjelaskan angka-angka pada grafik dengan bahasa verbal atau seperti mengartikan huruf morse dan yang sejenisnya.

 

    1. Penerima pesan,

Penerima adalah orang atau pihak yang menerima informasi dari pengirim. Contohnya : berita dari reporter ke penonton TV.

 

    1. Umpan balik.

Umpan balik pada dasarnya merupakan tanggapan penerima atas informasi yangdisampaikan pengirim. Umpan balik ini hanya terjadi pada komunikasi dua arah. Contohnya : Memberikan jawaban di telepon.

 

Komunikasi yang tidak jelas belum tentu dari kesalahan pengirim karena banyak           sekali faktor teknis dan non teknis yang dapat menyebabkan gangguan komunikasi. Misalnya : Signal handphone yang terputus.

 

Seluruh proses komunikasi yang melibatkan ketujuh unsur tersebut sangat rentan terhadap adanya kegaduhan (noise) – gangguan yang terjadi pada penyampaian, penerimaan, atau umpan balik pesan.

 

4. Teknologi sangat membantu para manajer, karena teknologi informasi memungkinkan kita saling berkomunikasi dan bertukar data baik dalam organisasi maupun antar organisasi lain hanya dalam sekejap tanpa harus beranjak dari tempat duduk melalui jaringan computer seperti internet . Contohnya: Email dapat mengirimkan laporan dalam bentuk text, gambar dan audio hanya dalam hitungan menit.

Regards,

Chandra Suhardiman

NIM 1601285866