You are here: Home > Uncategorized > Sejarah Perkembangan Teknologi Hardware Computer

Sejarah Perkembangan Teknologi Hardware Computer

Pengertian

Hardware Computer merupakan perangkat keras yang terpasang dan tersusun membentuk rangkaian-rangakaian yang berhubungan satu sama lain. Hardware ini sangat penting guna mempermudah pekerjaan manusia. Hardware berhubungan dengan software (perangkat lunak). Dalam computerisasi hardware membutuhkan software agar hardware ini aktif bekerja sebagaimana mestinya. Perkembangan hardware begitu pesat. Teknologi hardware di dunia sangat berkembang pesat, contohnya di bidang hardware computer. Computer dahulu kala merupakan barang yang sangat langka dan sangat mewah. ukuran dari computer ini juga sangatlah besar, sampai-sampai butuh ruangan khusus untuk computer di jaman itu. Tetapi berkat penemuan-penemuan dari berbagai para ahli, kini kita bisa melihat ukuran computer hanya sebesar dompet ataupun buku tabungan yang dapat di masukan ke dalam saku.

Definisi Computer

Istilah computer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah computer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).

Computer berasal dari kata “compute” yang berarti menghitung dengan kata lain computer berati alat penghitung. Computer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage. Dia menciptakan sebuah mesin yang dia sebut dengan nama Analytical Engine pada tahun 1882, sebuah mesin yang berfungsi sebagai alat perhitungan-perhitungan umum.

Beberapa puluh tahun kemudian munculah John V. Atanasoff dengan computer rancangannya Atanasoff-Berry Computer (ABC) pada tahun 1937 yang dianggap resmi menjadi computer elektronik pertama. Lalu beberapa tahun kemudian munculah ENIAC ( Electronic Numerical Integrator and Computer) yang di perkenalkan oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert. Sebuah mesin yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum (vacum tube), 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, computer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.

Salah satu foto ENIAC:

Menurut Blissmer (1985), computer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Perkembangan Computer

  1. Generasi Pertama (1942-1959)

Computer generasi pertama berawal dari tahun 1942 hingga tahun 1959. Computer generasi pertama ini disebut juga sebagai computer dinosaurus karena ukurannya yang relatif besar. Hanya orang yang ahli saja yang dapat menggunakan computer ini karena sangat sulit dan daya komputesinya sangatlah lambat.

Computer generasi pertama dibuat masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya, sehingga computer generasi pertama belum dapat memproses masalah-masalah yang besar. Computer dalam prosesnya serta pembuatnya masih menggunakan komponen yang besar-besar.

adapun ciri-ciri computer generasi pertama, antara lain :
a. Ukuran fisiknya besar.
b. Kecepatan prose lambat.
c. Cepat panas.
d. Membutuhkan listrik yang besar.
e. Menggunakan tabung hampa udara (Vaccum tube).
f. Memorinya menggunakan Magnetic Core Storage.
g. Masih menggunakan bahasa mesin (Machine Language).
h. Menggunakan konsep Stored Program.

Contoh computer generasi pertama :
– MARK I, MARK II, IBM 702, IBM 704, IBM 709 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
– UNIVAC II (dibuat oleh Sperry Rand).
– ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator), dibuat oleh DR. John W. Mauchly pada tahun 1942. Computer ini berukuran besar dan berat fisiknya mencapai 30 ton.
– SEC (Simple Electronic Computer), dibuat oleh Electronic Computation Laboratory of Birkbeck College pada tahun 1951.
– Datamatic 1000 (dibuat oleh Honeywell).
– NCR 102A, NCR 102D (dibuat oleh National Cash Register).

Computer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap computer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan computer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain computer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat computer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

(Gambar The Ferranti Mark 1 )

http://reaktorplayer.wordpress.com/2009/11/19/oldest-know-recording-of-computer-music/

2. Generasi Kedua (1959-1965)

 Computer generasi kedua ini muncul pada era 1960-an dan dulu computer ini banyak di gunakan di berbagai perusahaan perusahaan khususnya dalam bidang bisnis. Ukurannya lebih kecil ketimbang computer generasi pertama yaitu kira kira seukuran lemari saja. Pada era ini juga manusia telah mengenal printer, memori, disket ataupun sitem operasi.
Pembuatan computer generasi kedua ini merupakan pengembangan dari computer generasi pertama yang dibuat untuk menyempurnakan bentuk dari komponen dan penggunaan listrik yang lebih hemat.

Computer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a. Komponen telah menggunakan transistor.
b. Ukuran fisiknya lebih kecil.
c. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
d. Tidak cepat panas.
e. Membutuhkan listrik lebih sedikit.
f. Memori yang digunakan lebih besar.
g. Telah menggunakan bahasa tingkat tinggi (high level language).
h. Sudah dapat digunakan untuk real time (informasi yang dibutuhkan dapat dihasilkan dengan sekejap) dan time sharing (computer digunakan bersama-sama dan computer dapat membagi waktu untuk tiap-tiap pemakai).

Contoh computer generasi kedua :
– IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
– Honeywell 400, Honeywell 800 (dibuat oleh Honeywell).
– Burroughs 200 (dibuat oleh Burroughs).
– GE 635, GE 645, GE 200 (dibuat oleh General Electric).
– UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107 (dibuat oleh Sperry Rand).
– NCR 300 (dibuat oleh National Cash Register).

 

(Gambar IBM 7070)

http://www.computerhistory.org/collections/accession/102635761

3. Generasi Ketiga (1965-1971)
Computer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dari computer tersebut. Selain itu, computer generasi ketiga telah dibuat penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal) penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan computer generasi kedua dan ukuran fisiknya dibuat menjadi lebih kecil, agar dapat menghemat penggunaan ruang.

Computer generasi ketiga merupakan perkembangan yang paling pesat dari perkembangan computer yang ada. Computer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak efisien lagi membuat manusia mencari solusi lain dan solusi itu di temukan pada batu kuarsa (Quartz rock). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya computer generasi ketiga.

Computer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a. Komponen telah menggunakan IC (Integrated Circuit) atau yang disebut “chip” dalam bentuk Hybrid Integrated Circuits atau Solid Logic Technology (SLT), yaitu transistor dan dioda diletakkan secara terpisah dalam satu tempat.
b. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
c. Membutuhkan listrik lebih hemat.
d. Memorinya yang digunakan lebih besar, dapat menyimpan sampai ratusan ribu karakter.
e. Telah menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu magnetik disk yang berkapasitas besar.
f. Dapat digunakan untuk multi processing dan multi programming.
g. Telah dibuatnya alat input-output dengan menggunakan visual display terminal yang dapat menampilkan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, dan telah digunakannya alat pembaca tinta magnetik MICR (Magnetic Ink Character Reader).

Contoh computer generasi ketiga :
– GE 600, GE 235 (dibuat oleh General Electric).
– Burroughs 5700, Burroughs 6700, Burroughs 7700 (dibuat oleh Burroughs).
– UNIVAC 1108, UNIVAC 9000 (dibuat oleh Sperry Rand).

(Gambar UNIVAC 1108)

http://www.xmlog.com/shack/

4. Generasi Keempat (1971-1995)
Computer generasi keempat merupakan pengembangan dari computer generasi ketiga. Computer ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang dipadatkan, yang dalam computer generasi ketiga belum dapat digabungkan.

Pada generasi ini,tujuan pengembangan computer adalah mengecilkan sirkuit dan komplonen elektrik.Computer sudah menggunakan Large Scale Integration(LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip..Hal tersebut dapat meningkatkan kinerja  dan efisien.Ciri lain generasi ini adalah,dikembangkannya computer mikro yang menggunakan micro processor dan semi conductor yang berbentuk chip untuk memori computer.

IBM mulai memperkenalkan PC untuk plenggunaan di rumah,kantor,dan sekolah.Perusahaan Apple-Machintosh mempopulerkan sistem grafis pada computernya.

Computer generasi keempat mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a. Telah menggunakan LSI (Large Scale Integration), yaitu penggabungan beribu-ribu IC yang dipadatkan dalam 1 buah chip.
b. LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat memuat 150.000 transistor yang dipadatkan.
c. Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang membuat rangkaian-rangkaian terpadu.

Yang termasuk computer generasi keempat:IBM 370,Apple-II,IBM PC/XT,IBM PC/AT,IBM PS/2,IBM PC/386,IBM/PC486,pentium,PNTIum II,Pentium III,Pentium IV,AMD k6,dan Anthlon.

 

( Gambar IBM 370 )

http://www.maximumpc.com/article/features/dawn_personal_computer_altair_ibm_pc?page=0,6

5. Generasi kelima (1995-sekarang)

Untuk computer generasi sekarang , banyak menggunakan sensor-sensor untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita, dan computer yang akan datang dibuat untuk mempermudah interaksi antara manusia dengan computer secara langsung yang seakan-akan manusia tersebut berada dalam computer. Ini dapat terwujud dengan adanya materi kecerdasan buatan (Artificial Intelligent), yaitu suatu peralatan yang dibuat untuk dapat bekerja seperti manusia, sehingga manusia bukan lagi sebagai obyek diluar computer, melainkan manusia akan dilibatkan langsung sebagai objek di dalam computer.

Banyak kemajuan di bidang desain computer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan computer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek computer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek computer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma computerisasi di dunia.

Sekarang Pabrik computer paling banyak terdapat di Negara china, disana mereka dapat membuat design bentuk dan fungsi computer sesuai dengan fungsi pesanan kita.

( Gambar computer masa kini dengan design portable ).

* Perkembangan Teknologi di Tangan Tablet PC– Tahun 2012 adalah tahun yang bisa disebut sebagai salah satu era tersukses di dunia tablet PC. Hampir secara terus-menerus kita telah melihat berbagai perkembangan, baik di sisi teknologi software dan juga hardware, serta peningkatan angka permintaan pasar atas gadget yang satu ini. Kita juga tentu telah mendengar beberapa diskusi maupun perdebatan yang berkisar di pengkategorian tablet, apakah gadget ini masuk di kelas personal computer (PC) atau bukan.

Peredaran tablet PC memang sudah tidak dapat dibendung lagi, apalagi dihentikan. Hampir setiap orang telah memiliki alat yang disebut-sebut telah menggantikan posisi notebook ataupun netbook. Peredaran yang luar biasa tersebut tentunya dipicu oleh inovasi yang dibuat oleh Apple saat mereka merilis iPad ke pasaran. Dan kini, teknologi tersebut tak henti-hentinya berkembang dan dipercaya telah menjadi salah satu dasar utama dalam evolusi PC ke depannya.

Inovasi dan Evolusi

Dalam beberapa bulan terakhir, tentulah kita telah menjadi saksi salah satu langkah berani dari Samsung dan Microsoft saat mereka memutuskan untuk bergabung di dalam peta persaingan. Hal tersebut tentu menjadi salah satu penanda bahwa tablet akan menjadi salah satu benda yang akan menjadi salah satu benda terpenting di dunia teknologi.

Kepastian Microsoft untuk merilis Surface dan rencana Samsung untuk melempar Galaxy Note 10.1 ke pasaran seolah menjadi simbol bahwa mereka berdua siap untuk bersaing dengan satu nama legendaris. Microsoft dan Samsung juga seakan mengirimkan pesan kepada Apple bahwa tablet PC bukan sekedar gadget yang hanya bisa digunakan sebagai sebuah alat penyedia hiburan. Microsoft dan Samsung telah berhasil melengkapi dan menyempurnakan teknologi tablet PC hingga saat ini.

Inovasi-inovasi tersebut mempunyai kesan yang cukup penting, karena berbagai perubahan yang terkait dengan berbagai aspek cukup memiliki pengaruh dengan perkembangan industri-industri lainnya. Sebut saja perkembangan software yang turut membuat para pengembang aplikasi menjadi lebih hidup dan kemajuan hardware yang juga semakin mendorong persaingan beberapa perusahaan penyedia prosesor menjadi kian ketat. Tentulah hal tersebut semakin membuat pasar semakin memiliki banyak pilihan dalam menentukan gadget yang tepat untuk dirinya sendiri.

Namun patut diakui, bahwa perkembangan pasar tablet PC yang sedemikian pesat membuat beberapa perusahaan harus terus saling menjaga jarak sedekat mungkin dengan pesaingnya. Dengan demikian, tak heran bila kita menyaksikan berbagai isu yang memberitakan tentang eksperimen-ekperimen yang dilakukan oleh berbagai perusahaan besar. Sejauh ini, Oktomagazine melihat bahwa Samsung adalah salah satu perusahaan yang berhasil bereksperimen dan menghasilkan produk hebat lewat Galaxy Note 10.1.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Oktomagazine telah membeberkan fakta mengenai kemampuan Samsung dalam mengoptimalkan kinerja dari stylus pen yang menyertai Galaxy Note 10.1. Dengan didukung oleh aplikasi inovatif, Samsung berhasil memperbarui definisi dari sebuah tablet PC. Hanya waktu yang bisa membuktikan apakah Samsung mampu meraih sukses dengan inovasinya tersebut. Namun bila pada Note 10.1 justru meraih kegagalan di pasar, ide mengenai pengoptimalan stylus pen bisa menjadi sebuah inovasi yang revolusioner di dunia tablet PC.

Nasib PC Tradisional

Kita tengah hidup di sebuah era dimana perkembangan teknologi tengah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Harus diakui bahwa teknologi adalah salah satu faktor pembentuk dari masa depan kita. Peralatan yang tengah kita gunakan akan semakin mengalami perubahan di berbagai hal. Mereka akan semakin mempermudah kita dalam berkomunikasi dan akan menjadi “teman” terbaik kita.

Layaknya sebuah evolusi, tentulah ada “korban” di balik perubahan tersebut. Tak sedikit pendapat yang meramalkan hilangnya PC tradisional dari muka bumi berkat perubahan teknologi. Namun rasanya pendapat tersebut harus dikesampingkan sejenak, setidaknya hingga saat ini.

PC tradisional di sini tidak hanya ditujukan untuk desktop, namun juga notebook dan netbook. Ketiga jenis computer tersebut harus diakui telah memiliki tempatnya tersendiri di antara para pengguna computer. Smartphone dan tablet PC justru telah menjadi salah satu pelengkap dari fungsi computer tradisional tersebut. Alhasil, mereka tidak akan menghilang begitu saja.

 

Bahkan sekarang  anak kecil pun sudah dapat menggunakan Tablet PC

 

 

http://www.gizmowatch.com/10-tablet-pcs-kids.html

 

 

 

 

 

  • Keterangan fungsi hardware computer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:

Segala sesuatu di dalam komputer terhubung ke sebuah papan sirkuit yang disebut ‘motherboard’. Motherboard ini memiliki soket untuk pemrograman tingkat rendah (BIOS), otak komputer, yang disebut CPU, memori komputer (RAM, ROM dan CMOS), dan untuk kartu tambahan untuk mengontrol video (gambar), audio (suara) , printer, dan hal lain yang mungkin dihubungkan ke komputer. Anda juga dapat menemukan di dalam modem pada kartu add-on.

 

 

 

Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit utama dari komputer. Ini berisi central processing unit (CPU), Sistem Basic Input / Output (BIOS), memori, mass storage interface, port serial dan paralel, slot ekspansi, dan semua pengendali untuk perangkat periferal standar seperti keyboard, disk drive dan display layar.

The chipset motherboard dan sirkuit lainnya adalah “cerdas” dari motherboard. Tugas mereka adalah untuk mengarahkan lalu lintas dan mengontrol arus informasi di dalam komputer.

Chipset adalah bagian penting dari komputer manapun, karena memainkan peran besar dalam menentukan apa jenis fitur komputer dapat mendukung.

 

BIOS Chipset

BIOS singkatan dari Basic Input / Output System.
terendah tingkat perangkat lunak dalam komputer
Bertindak sebagai antarmuka antara hardware (terutama chipset dan prosesor) dan sistem operasi.
BIOS menyediakan akses ke perangkat keras sistem dan memungkinkan penciptaan tingkat yang lebih tinggi sistem operasi yang Anda gunakan untuk menjalankan aplikasi Anda.
BIOS juga bertanggung jawab untuk memungkinkan Anda untuk mengontrol pengaturan perangkat keras komputer Anda, untuk boot up mesin ketika Anda menghidupkan daya atau menekan tombol reset, dan berbagai fungsi sistem lainnya.

 

 

CPU ( Central Processing Unit )

 

CPU adalah otak dari komputer. Hal ini bertanggung jawab untuk memproses instruksi dan melaksanakan perintah pengguna. Bagian lain dari komputer melayani CPU, yang juga dikenal sebagai mikroprosesor, memungkinkan untuk melakukan tugasnya. Contoh teknologi processor terbaru adalah Intel® Core™ i7 Processors 2012

 

 

 

http://servicecentercomputer.blogspot.com/2011/07/kelebihan-dan-keunggulan-intel-core-i7.html

 

Intel Core i7-965 Extreme Edition Quad Core Processor
Dengan code name “Bloomfield XE” mengunakan socket masa depan Intel LGA1366
 
Spesifikasinya :

Ø            Fabrication Process 45 nanometer high-k ( Solder Emas dengan ukuran sangat kecil nanometer).

  • 4 cores ( satu papan processor terdiri dari 4 chip otak CPU)

 

  • Clock speed 3.20Ghz (Satu GHz sama dengan satu miliar siklus per detik. Jadi siklus prosesor 3.2Ghz di sekitar 3.200.000.000 kali per detik.)

 

Ø            Multiplier 24X

Ø            L1 Cache 32KB X 4, L2 Cache 256KB X4, L3 Cache 8MB shared.

Ø            VID voltage range, Min. 0.85V, Max. 1.225V

Ø            Maximum Current 110A

Ø            TDP 130W

  • Memory support DDR3 1333, 1066, 800

 

 

RAM (Random Access Memory) menentukan berapa banyak proyek dapat muat pada desktop pada satu waktu. Ketika program dijalankan, dimuat dari harddisk ke dalam RAM. Akhirnya RAM lebih ada, semakin banyak program dan file dapat dibuka sekaligus. Harus diingat untuk menyimpan pada hard drive atau disket pekerjaan yang dimaksudkan untuk disimpan, karena apa yang ada di RAM akan dihapus ketika komputer dimatikan. Chip RAM, komponen fisik yang mengandung memori yang dikelompokkan dalam baris disebut SIMM (atau single in-line modul memori). Modul ini bar kecil, biasanya mengandung delapan, atau sembilan chip memori. Untuk menambahkan lebih banyak memori ke komputer, cukup tancapkan dalam satu atau lebih SIMM. Sebuah Chip Memori adalah sirkuit terpadu yang benar-benar mengandung RAM .

 

Sebagai gambaran agar mudah dimengerti, saat komputer dihidupkan, prosesor mengambil data dari harddisk. Akan tetapi, umumnya harddisk lamban untuk menyediakan data yang diminta oleh prosesor, sehingga di sini dibutuhkan kehadiran RAM untuk membantu penyediaan data yang diminta oleh prosesor.

Sampai saat ini ada tiga jenis DDR RAM yaitu DDR (atau biasa juga disebut DDR1), DDR2 dan DDR3. Lalu apa perbedaan antara DDR, DDR2 dan DDR3?

Mari kita lihat perbedaan ketiga DDR RAM tersebut.

DDR

DDR (double data rate) RAM generasi 1 merupakan memori yang mulai menggunakan teknologi double clock cycle. Ini berbeda dengan SDR (single data rate) RAM yang hanya mampu melakukan single clock cycle. Sehingga DDR RAM mampu mentransfer data dua kali lebih cepat.

DDR RAM ini ada beberapa jenis seperti DDR-200 (memiliki memory clock 100 MHz), DDR-266 (memiliki memory clock 133 MHz), DDR-333 (memiliki memory clock 166 MHz) dan DDR-400 (memiliki memory clock 200 MHz). Frekuensi transfer yang bisa dihasilkan DDR1 hanya antara 200-400 MHz.

DDR RAM versi 1 ini dikembangkan sejak 1996 sampai 2000.

DDR2

DDR2 RAM memiliki clock cycle dua kali lebih banyak. Artinya, kemampuanya dua kali lebih cepat dibandingkan DDR1. Memory clock-nya terentang dari 100 MHz sampai 266 MHz. Jenis DDR2 memiliki nama standar DDR2-400, DDR2-533, DDR2-667, DDR2-800 dan DDR2-1066. Dan frekuensi transfer antara 400-1966 MHz.

DDR3

Sementara DDR3 RAM, dari segi memory clock-nya tak jauh beda dengan DDR2 yaitu dari 100 MHz sampai 266 MHz. Bedanya terletak frekuensi transfernya yang lebih tinggi yaitu mencapai 2133 MHz (DDR2 maksimal hanya sampai 1066 MHz) dan voltasenya yang lebih hemat yaitu hanya 1.5v (DDR2 memerlukan voltase 1.8v dan DDR 1 dengan 2.5/2.6v).

 

Karena teknologi komputer terus berkembang, bisa dipastikan akan ada banyak jenis memory lain yang akan ditemukan di masa depan. Bisa jadi generasi tersebut dinamakan DDR4, DDR5 atau mungkin dengan nama yang lain. Hanya tinggal menunggu saja kapan memory-memory tersebut diimplementasikan pada desktop PC, Notebook, Tablet dan perangkat teknologi yang lain.

Read more: http://egadged.blogspot.com/2012/03/perbedaan-ddr2-ddr3-dan-mana-yang-anda.html

ROM: Read Only Memory

ROM adalah nonvolatile. Chip ROM berisi data permanen ditulis, disebut firmware (BIOS Anda tinggal di sini).
ROM berisi program yang mengarahkan komputer untuk memuat sistem operasi dan file yang bersangkutan pada saat komputer dinyalakan.
Chip ROM biasanya direkam ketika mereka diproduksi.

PROM Programmable-chip memori Read Only tidak dapat diubah untuk memperbarui atau merevisi program dalam

EPROM bisa dihapus Programmable Read Only Memori data dapat dihapus dan chip dapat digunakan kembali dapat dihapus dengan bersinar sinar UV intensitas tinggi melalui jendela

EEPROM Listrik Erasable memori Baca Programmable Hanya di bawah tegangan tinggi

DARI-Flash ROM adalah memori reprogrammable menggunakan tegangan normal dalam PC-Anda dapat meng-upgrade kemampuan logika dengan hanya men-download perangkat lunak baru. Ini menghemat biaya penggantian papan sirkuit dan chip.

 

Papan add-in atau ekspansi seperti kartu video “VGA card”, kartu suara  “Sound card” atau modem. Pada motherboard setiap ada tempat untuk menambahkan papan sirkuit untuk meningkatkan kemampuan komputer. Papan sirkuit yang paling umum digunakan adalah modem internal, kartu suara, dan adapter tampilan video. Ada berbagai jenis slot ekspansi yang mungkin pada motherboard. ISA (Industry Standards Association) slot ekspansi adalah jenis yang lebih tua dan sebagian besar papan sirkuit yang lebih tua menggunakan jenis slot. Jenis yang lebih canggih dari slot adalah PCI dan modem baru, dan kartu suara yang lebih canggih membutuhkan jenis slot. Slot jenis terbaru dalam PC adalah AGP (Accelerated Graphics Port) Slot, yang khusus dirancang untuk adapter tampilan video. Port AGP memungkinkan kinerja grafis kemampuan tinggi, terutama untuk grafis 3D.
Kartu video mengontrol apa yang Anda lihat pada monitor. Ini menentukan berapa banyak titik di layar dan bawah layar komputer bisa menjaga. Semakin banyak titik, semakin banyak informasi atau lebih detail Anda dapat melihat. Kartu video juga mengontrol berapa banyak warna yang dapat Anda lihat. Sebagian besar komputer saat ini dapat menunjukkan di mana saja dari 256 warna untuk jutaan warna. Kartu suara mengontrol suara. Sebagian besar komputer datang dengan speaker cukup murah, dan kartu suara mungkin dapat menghasilkan suara jauh lebih baik daripada speaker biasa.

( VGA Card )                                                 ( Sound Card )

Hard Drive atau hard disk, atau tindakan disk tetap sebagai lemari arsip komputer. Sebuah hard drive memungkinkan akses paling cepat ke data dan dapat menyimpan miliaran karakter .. Hard drive menyediakan ruang penyimpanan utama untuk sistem operasi komputer dan semua file program dan data. Seperti motherboard dan random-access memory (RAM), hard drive gagal dapat membuat komputer tidak berguna sama sekali. Format HDD terbaru adalah SATA 4 Terra Byte.

Kapasitas hard disk drive yang diberikan oleh produsen dalam megabyte (MB 1 = 1.000.000 byte), gigabyte (GB 1 = 1.000.000.000 byte) atau terabyte (1 TB = 1.000.000.000.000 byte) [30] [31]. Ini konvensi penomoran, di mana prefiks seperti kekuatan mega-giga-dan menunjukkan dari 1.000, juga digunakan untuk kecepatan transmisi data dan kapasitas DVD. Namun, konvensi yang berbeda dari yang digunakan oleh produsen memori (RAM, ROM) dan CD, di mana prefiks seperti kekuatan kilo-dan mega-rata 1.024.
Ketika prefiks unit seperti kilo-menunjukkan kekuatan dari 1.024 di ukuran kapasitas memori, 1.024 n perkembangan (untuk n = 1, 2, …) adalah sebagai berikut: [30]

kilo = 210 = 1,0241 = 1.024,
mega = 220 = 1,0242 = 1.048.576,
giga = 230 = 1,0243 = 1.073.741.824,

 

http://en.wikipedia.org/wiki/Hard_disk_drive

 

Drive CDROM membaca informasi dari CD-ROM, media berkapasitas tinggi yang digunakan untuk penyimpanan yang paling multimedia. Seperti disket, CD-ROM yang dilepas. Baru-baru ini teknologi memungkinkan CD-ROM yang akan ditulis ke, dan terhapus. Teknologi Disc terbaru adalah Blue-Ray yang dapat menyimpan 50GB atau 10 kali dari DVD 4.7GB 1000* bytes = 1 kilobyte 1000 kb = 1 megabyte 1000 mb = 1 gigabyte 1000 gb = 1 terabyte )

 

 

 

Power Supply adalah alat perantara dan pengendali sumber energi yang dilalui listrik diatur dan dikirim ke berbagai komponen komputer.

 

 

 

* Rencana masa depan computer generasi ke lima adalah computer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI). Sehingga computer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia.

Ciri ciri computer generasi kelima adalah sebagai berikut :

  • Computer generasi ini masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak. Pengembangan computer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang
  • Komponen elektronikanya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI
  • Program dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor)
  • Computer generasi kelima difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan computer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.
  • Sifat-sifatnya:
    • Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri
    • Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain
    • Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logis
    • Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya
    • Dapat memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan
    • Dapat mengolah gambar-gambar dan grafik dengan cara yang sama dengan mengolah kata, misalnya dapat melihat serta mengerti sebuah foto.

Dua tanda tanda akan munculnya inovasi computer generasi kelima adalah  computer paralel yang berarti memungkinkan banyak CPU bekerja sama membentuk suatu jaringan yang efisien. Selin itu ditemukannya superkonduktor yang memungkinkan aliran listrik mengalir tanpa hambatan sedikitpun sehingga dapat meningkatkan kecepatan informasi yang di dapat. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikan keberadaan computer generasi kelima ini.

 

Hal ini dapat anda lihat dengan dibuatnya sebuah alat untuk simulasi computer, dimana manusia dengan menggunakan helm khusus agar tampak seperti di dalam computer. Selain itu, kini telah dibuat robot-robot pengganti tenaga manusia. Pada robot tersebut dibuatkan sensor-sensor pendeteksi rangsangan dari luar dan akan langsung meresponnya seperti layaknya manusia.

 

( Gambar AI robot AIBO dan QRIO by Sony )

Regards,

Chandra Suhardiman

NIM: 1601285866

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

One Response to “Sejarah Perkembangan Teknologi Hardware Computer”

  1. Free Stuff says:

    Very good written story. It will be helpful to everyone who employess it, as well as yours truly :). Keep up the good work – can’r wait to read more posts.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.