Manfaat Facebook dan twitter untuk Manajemen Perusahaan

Pendahuluan

Saat ini Kita sering sekali mendengar bahwa trend social media seperti Twitter, Facebook, Youtube sudah menjadi hal yang tidak pernah lepas dalam kehidupan kita sehari hari bahkan berita berita di televisi pun saat ini banyak menjadikan Social Media seperti acuan ..misalnya berita diambil dari Youtube , twitter bahkan Facebook

Social Media Digunakan dari Perusahaan kelas menengah hingga pebisnis kecil termasuk para Artis dan Para Selebritis, pembicara Seminar dan individu juga sama saja. Mereka juga tidak mau ketinggalan untuk ikut menunggangi kekuatan dan manfaat dari promosi lewat social media terutama Twitter , saat ini Hampir semua Artis Indonesia sangat Aktif Di Twitter

Bahkan saat ini Perusahaan besar di dunia yang masuk dalam FORTUNE 500 juga sudah mulai mengubah strategi marketing ke arah Social Media Marketing, karena saat ini konsumen tidak lagi membeli karena ditawarkan, tetapi membeli karena dikenalkan oleh teman atau sumber yang dipercayainya yang disebut word of mouth, bahkan sekarang sudah berubah lagi menjadi WORLD OF MOUTH.

Keuntungan Social Media Bagi Perusahaan Anda adalah :

  1. Gratis tidak Perlu membayar Server untuk: akses.
    2. User friendly
    3. Komunikasi , diskusi dengan banyak orang secara langsung ‘Real Time’;
    4. Peningkatan kesadaran organisasi
    5. Mampu memonitor percakapan tentang organisasi
    6. Identifikasi komentar positif dan negatif
    7. Media untuk mempelajari pemikiran pelanggan tentang perusahaan
    8. Meningkatkan lalu lintas ke website
    9. Lebih menguntungkan persepsi merek
    10. Mampu mengembangkan kegiatan pemasaran yang ditargetkan
    11. Pemahaman yang lebih baik tentang persepsi pelanggan merek mereka
    12. Peningkatan wawasan tentang target pasar mereka
    13. Peningkatan bisnis baru
    14. Identifikasi peluang produk atau layanan baru
    15. Peringatan dini dari masalah produk atau jasa potensial

I. FACEBOOK

Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.

Pada awal masa berdirinya situs web jejaring sosial ini, keanggotaannya masih dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat email suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.

Sejak 11 September 2006,  semua orang dengan alamat email apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Pada tahun 2007, popularitas Facebook terus melonjak. Tabel berikut dari comScore menggambarkan ledakan pertumbuhan Facebook sepanjang tahun lalu.

Fakta tentang Facebook :

 1. Menurut juru bicara untuk Facebook Chris Hughes pengguna menghabiskan rata-rata  19 menit per hari di Facebook

2. Diperkirakan bahwa 85% dari semua siswa memiliki profil Facebook (AS)

3. Diperkirakan bahwa nilai Facebook adalah sekitar $ 8 miliar Jaringan terbesar di situs adalah Toronto, Ontario dengan lebih dari 600.000 pengguna saja.

4. The facebook.com domain awalnya dibeli seharga $ 200.000.

5. Menurut comScore, dari Mei 2006 hingga Mei 2007, pengguna Facebook dalam bingkai usia 12-17 meningkat sebesar 149%, pengguna dalam bingkai usia 25-34 meningkat sebesar 181%. Ada 98.979.539 menginstal aplikasi di 3.343 di Facebook.

Saat ini Facebook menempati urutan ke 6 situs yang paling banyak di akses di Indonesia dan urutan ke 5 di seluruh dunia.(sumber: Wikipedia)

11 Manfaat Menggunakan Aplikasi Facebook untuk Bisnis :

1. Branding – Facebook dapat menjadi sumber daya yang besar untuk menghasilkan brand awareness. Facebook menjadi populer di kalangan demografi berbagai umur dan dapat menjadi intersepsi menciptakan titik untuk membangun hubungan Anda dengan Anda konsumen dan prospek.

2. Customer Engagement – Menggunakan aplikasi Facebook bisa menjadi cara yang bagus untuk promosi berkomunikasi, kontes dan acara. Sekali lagi itu adalah titik lain intersepsi yang dapat dimanfaatkan untuk menarik keterlibatan konsumen dengan merek Anda, produk atau jasa Anda.

3. Web Drive Lalu Lintas – Facebook dapat bertindak sebagai titik Portal untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda dan properti online lainnya.

4. Reputasi Manajemen – dapat menjadi alat yang berguna untuk melihat apa yang pengguna katakan tentang Anda dan merek Anda. Selain itu Anda profil Facebook kini dapat diindeks dalam hasil pencarian dan sebagai hasilnya dapat memberikan lain listing menguntungkan dalam hasil pencarian organik dari mesin.

6.  Pelanggan Akuisisi Baru – Facebook memberikan kesempatan untuk menemukan konsumen Anda mungkin tidak dinyatakan ditemukan.

7. Lead Generation – Serupa dengan poin sebelumnya adalah bahwa Facebook dapat bertindak sebagai alat lain memimpin gen potensial yang dapat digunakan untuk memenuhi syarat memimpin. Meninjau profil prospek potensial ‘dapat membantu Anda membangun hubungan dengan prospek Anda dan bantuan dalam proses generasi memimpin kualifikasi.

8. Klien Retensi – menyediakan titik lain intersepsi potensial untuk membangun hubungan dengan konsumen Anda.

9. Pengaruh Viral – Ambil kata Dari mulut ke tingkat yang baru. Tidak ada yang menarik kerumunan orang banyak seperti … Facebook adalah menarik cukup kerumunan.

10. Mekanisme umpan balik – Menggunakan Facebook dan berbagai aplikasi yang tersedia dapat membantu Anda memahami perilaku konsumen berdasarkan pada berbagi konten dan komentar di situs jejaring sosial.

11.  Digunakan untuk memecahkan kasus Bisnis – Facebook dapat memberi Anda kesempatan untuk membangun rencana bisnis yang sukses seperti yang Anda menargetkan pasar vertikal tertentu dengan tujuan bisnis yang spesifik.

II. Twitter

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut (“follower“).

Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.

Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai “SMS dari internet”.

Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang bernama “Larry the “Bird”, dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird.

Untuk bisnis, ada sejumlah manfaat untuk menggunakan Twitter. Banyak yang berhubungan dengan pertemuan real-time informasi. Berikut adalah beberapa cara yang bisnis harus memanfaatkan Twitter.

15 Manfaat Twitter bagi Bisnis, antara lain :

1. Berpartisipasi dalam industri Conversation- target audiens Anda dan / atau calon prospek berada di Twitter di mana mereka dapat membahas frustrasi mereka atau berkomunikasi pengalaman positif. Mengapa tidak menjadi bagian dari itu? Berpartisipasi dalam percakapan bila masuk akal untuk melakukannya. Berpikir Twitter sebagai jenis terbaru dari mixer sosial untuk terlibat dengan industri Anda.

2. Kesadaran merek – bisnis dapat menggunakan Twitter untuk menjaga merek mereka atas pikiran. Contohnya: ToysRUs.com (@ToysRUs) mempromosikan mainan Transformer terbaru atau TokoHemat.com (@Tokohemat) yang mempromosikan Jasa International online shopping dari merchant seluruh dunia, Twitter memungkinkan sebuah bisnis untuk menjaga merek mereka di luar sana.

3. Gunakan Twitter untuk mendapatkan Intelijen Kompetitif – Siapa Pesaing Anda di Twitter ?. Akibatnya Anda mungkin ingin mempertimbangkan pemantauan tweets mereka dari waktu ke waktu untuk melihat apa yang mereka kerjakan. Mungkin mereka sedang mempersiapkan untuk meluncurkan produk baru atau membuka cabang baru. Heck mungkin mereka akan melalui PHK besar-besaran dan kesempatan menampilkan dirinya untuk mengakuisisi mereka atau setidaknya mempekerjakan beberapa karyawan diberhentikan libur mereka. Twitter bisa menjadi lingkungan yang besar untuk memantau apa yang dilakukan pesaing. Ini juga dapat menjadi cara yang bagus hanya untuk melihat bagaimana persaingan Anda menggunakan Twitter sendiri. Mungkin Anda bisa mengambil tip atau dua.

4. Terlibat dengan audiens target Anda – Twitter memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan prospek potensial dan audiens target Anda. Walaupun anda tidak ingin menjadi “di wajah mereka” sepanjang waktu, Twitter tidak memungkinkan Anda untuk terlibat dengan orang-orang dengan re-tweeting posting atau menanggapi sesuatu yang mereka mungkin telah tweeted tentang, yang membawa kita ke …

5. Reputasi Manajemen Online – Informasi di Twitter istirahat dengan cepat. Kematian dilaporkan Michael Jackson pada 25 Juni, adalah salah satu contoh dari hal ini. Bisnis dapat menggunakan Twitter untuk memantau apa yang dikatakan tentang merek mereka hampir secara real-time. Jika seseorang memiliki pengalaman negatif dengan merek Anda, kemungkinan mereka mungkin tweet tentang hal itu. Jika demikian, bekerja untuk mengatasi masalah dan berkomunikasi kenyataan bahwa Anda melakukannya. Ingat Twitter adalah lingkungan sosial sehingga transparansi dan kejujuran dapat menjadi hal yang baik.

6. Promosikan Konten Blog Anda – jika perusahaan Anda memiliki blog perusahaan atau berbagai blog, Anda dapat menggunakan Twitter untuk mempromosikan konten blog Anda. Heck Anda dapat mengatur feed untuk secara otomatis posting URL posting blog Anda langsung ke Twitter.

7. Twitter dan Mobile – karena Twitter sangat mudah digunakan dan dibatasi hingga 140 karakter, menggunakan ponsel dengan Twitter juga mudah. Anda dapat mengirim dan menerima update apa yang Anda dan teman Anda lakukan pada saat bepergian menggunakan SMS sederhana. Twitter bisa menjadi alat komunikasi yang hebat mobile. Seperti yang kita ketahui dalam bisnis, ini bisa menjadi hal yang cukup kuat.

8. Memahami Alat – Bisnis dapat menggunakan Twitter sebagai alat pemahaman untuk mempelajari apa demografis target yang diinginkan mereka katakan dan mencari. Misalnya, jika Anda adalah merek yang menargetkan target pasar yang lebih muda, hanya dengan mendengarkan percakapan mereka melalui Twitter, Anda dapat mempelajari apa kepentingan mereka terbaru dan apa obyek baru berikutnya mengkilap yang mereka cari untuk mengunci.

9. Mekanisme umpan balik – meluncurkan produk baru? Mungkin Anda meluncurkan sebuah website baru? Bisnis dapat menggunakan Twitter untuk mendapatkan umpan balik instan pada item ini dan sebagai hasilnya melakukan perubahan yang diperlukan sebelum peluncuran resmi. Umpan balik ini bisa sangat berharga dan dengan menggunakan Twitter, adalah gratis!

10. Promosi – tentu saja Anda dapat menggunakan Twitter sebagai alat promosi untuk mengumumkan upaya offline atau peristiwa secara online mendatang (webinar, virtual tradeshows dll). Jika anda adalah situs e-commerce, mungkin Anda memiliki kesepakatan hari di mana Anda dapat mempromosikan kesepakatan tersebut seperti bagaimana Toys.com saat ini memanfaatkan Twitter @ toysdeals. Faktanya adalah Anda tidak ingin terlalu promosi, tapi Twitter tidak hadir kesempatan untuk mempromosikan produk atau layanan dan merek ke teman Anda.

11. Meningkatkan SEO – jika Anda memiliki konten yang besar di website Anda dan Anda ingin mengarahkan lalu lintas tambahan untuk konten ini di situs web Anda, Anda dapat menggunakan Twitter untuk melakukannya. Sebuah menciak cepat dengan URL dapat membantu mengarahkan lalu lintas tambahan ke halaman arahan pilihan di situs Anda untuk membantu membujuk konversi di situs Anda.

12. Ajukan Pertanyaan Menerima Answers – mereka yang tidak meminta tidak akan menerima. Sebagai sebuah bisnis, mungkin Anda mencari jawaban khusus untuk pertanyaan yang Anda miliki. Mungkin Anda sedang mencari beberapa statistik industri. Anda dapat menggunakan Twitter untuk mengajukan pertanyaan dan jika pertanyaannya adalah menarik dan jika teman-teman Anda yang jauh tertarik pada pertanyaan yang sama, Anda harus menerima tanggapan. Twitter adalah sebuah komunitas sosial dan biasanya komunitas-komunitas sosial yang ketat merajut. Seseorang terikat untuk menjawab pertanyaan Anda dan setidaknya mengarahkan Anda ke arah yang benar.

13. Alat Human Resource – sementara ini mungkin bukan cara terbaik untuk pergi tentang praktik mempekerjakan Anda, Anda dapat tweet tentang kebutuhan SDM Anda dan link ke lowongan pekerjaan yang relevan di situs Anda melalui Twitter. Anda mungkin hanya menerima beberapa bunga tambahan bahwa Anda tidak mungkin telah dinyatakan memiliki.

14. Siaran Pers / Berita Manajemen – Memiliki pengumuman besar? Gunakan Twitter untuk mempromosikan siaran pers Anda dan untuk berkomunikasi berita perusahaan. Ingat pembahasan sebelumnya kita pada Kecepatan Internet? Berita perjalanan cepat online, Twitter adalah informasi lain super-jalan raya yang dapat membantu berkomunikasi berita dengan cepat.

15. Alat Komunikasi Internal – Anda dapat menggunakan Twitter sebagai alat komunikasi internal dalam bisnis Anda. Sekali lagi ketepatan waktu informasi memainkan peran kunci dalam menggunakan Twitter sebagai alat komunikasi internal. Sementara kita memiliki instant messaging, menggunakan Twitter untuk berkomunikasi secara internal juga bisa menjadi cara yang efektif untuk berbagi informasi dalam. Tentu saja ada pro dan kontra untuk ini, tetapi menggunakan kebijaksanaan Anda.

Kesimpulan

Media social dapat menjadi sangat berguna dalam efisiensi komunikasi bagi seluruh pihak yang terlibat di dalam perusahaan dengan syarat cara penggunaan yang benar dan selalu mengikuti peraturan perusahaan secara professional, tetapi untuk membicarakan hal-hal yang bersifat rahasia sebaiknya dilakukan langsung di tempat seperti meeting karena Internet sifatnya yang publik maka informasi penting sangat rentan untuk bocor dapat menyebar ke semua pihak luar perusahaan dengan cepat.

Sumber :

http://www.jeffbullas.com/2011/02/14/12-major-benefits-of-the-social-media-revolution/#pxeIL58CW1rWbxU6.99

http://www.marketing-jive.com/2007/09/11-business-benefits-of-using-facebook.html

Regards,

Chandra Suhardiman , NIM:

3 thoughts on “Manfaat Facebook dan twitter untuk Manajemen Perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>